Mama Lyfe

Sepuluh Hari Kebaikan

Konsisten oh Konsisten. Jika ada yang lebih susah dari memulai, adalah konsisten mengerjakannya. Itu bener banget. Dan tips paling ampuh agar bisa konsisten ya dengan terus dikerjakan. Lagi, aku belajar tentang ini.

September ini, KIMI kasih challenge buat para membernya untuk melakukan satu kebaikan selama sepuluh hari berturut-turut. Aku yang emang kala itu lagi getol diet langsung kepikiran mau senam selama sepuluh hari nonstop.

Wah, on fire banget dong. Setiap hari senam selama 30 menit. Asli itu enak banget di badan. Sebenernya udah mulai ngerjain ini dari Agustus tapi dang tek alias nggak konsisten tiap hari. Jadi challenge KIMI September kurasa cocok banget sama rencanaku. Kumulai lagi supaya bisa senam tiap hari. Ternyata? Gagal di hari ke-5. Aku kelelahan. Rehat sehari, aku ulangin lagi besoknya, tapi bukan senam, kali ini nyoba exercise buat mengencangkan otot perut. Lalu baru dua hari aku udah hands up. Kafin sakit, dia nenen nonstop, dan badanku rentek semua. Aku juga ikut sakit.

Ya Allah aku sedih. Gagal dua kali. Hiks.

Di sini rasanya aku belajar banget buat menerima ketika apa yang aku rencanakan tidak bisa tercapai, entah karena kondisi atau karena ya memang ketidakmampuanku. Saat itu aku cukup keras ke diri sendiri harus bisa sepuluh hari olahraga nonstop. Jiwa ngoyoku hadir. Aku mau semua perfect. Jadi pas nggak berhasil itu kesel sendiri, marah ke diri sendiri.

Dan yaaa, aku inget esensi challenge ini buat apa sih? Ya buat kasih kebaikan ke diri. Kalau aku malah jadi rungsing ya ada yang perlu dibenerin berarti.

Akhirnya aku ganti lagi dengan mendengarkan satu podcast atau youtube inspiratif setiap hari sebelum tidur. Ceritanya biar nambah ilmu dan memperluas insight. Tapi ini juga gagal lagi di hari ke-4. Kenapa? Aku kadang ketiduran pas dengerin πŸ™ˆ

Tapi aku udah nggak sekesel waktu gagal senam. Ya udah it’s okay, Himsa. Setidaknya banyak banget yang kamu pelajari kemarin-kemarin kan?

Aku lalu mikir buat melakukan kebaikan yang lebih simpel aja. Yaitu, baca Qur’an sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Ini terlihat simpel, tapi ternyata beberapa waktu terakhir sering kulupain. Jadi kalau habis Solat Subuh biasanya aku pegang HP, atau tiduran dulu bentar, lalu masak dan lain-lain. Kali ini aku mencoba mengganti dengan baca Qur’an dulu. Aku nggak kasih target kudu berapa halaman. Pokoknya baca aja. Rasain energi Qur’an buat beraktivitas. Karena biasanya baca Qur’an itu aku kasih nanti deh kalau semua udah beres. Dan kadang ya udah berlalu gitu aja nggak kebaca lalu jadi terbiasa melewati hari tanpa tilawah. Dan perlahan-lahan rasa ingin dekat sama Qur’an juga menurun. “Ah gapapa deh udah sibuk ngurus anak, Allah juga tahu”, kadang begitu aku beralibi. 😭

Akhirnya aku konsisten, walaupun males ya aku lawan. Meskipun cuma baca satu halaman aja. Kadang aku baca juga artinya. Meskipun ada yang nggak ngerti, ya udah baca aja. Paksa dulu biar jadi habit. Aku coba jadikan waktu baca Qur’an ini prioritas bukan sesempatnya seperti sebelumnya.

Alhamdulillah sepuluh hari done. Semoga bisa terus berlanjut. Karena beneran kerasa banget sih buat aku. Yang tadinya mau males-malesan tiduran lagi jadi nggak jadi. Dan yang paling penting buatku adalah membentuk kedekatan lagi dengan Qur’an. Memberi waktu buat diri sendiri untuk mengisi energi di pagi hari.

Seperti biasa, challenge KIMI selalu penuh makna bagi yang mengerjakan dengan penuh kesadaran. Aku sendiri ngerasa belum maksimal bulan ini, tapi aku bisa ngerasain manfaatnya. Meskipun setorannya mefet di akhir bulan karena kemarin gagal berkali-kali ngerjain sepuluh hari kebaikan πŸ™ˆ

Btw, KIMI mau opreg anggota baru. Kuy kepo aja di ig @ibumudaindonesia atau di blognya Bupon, Teh Achi. Thanks KIMI dan Bupon untuk selalu kasih fasilitas buat belajar lewat apapun itu πŸ’•πŸ’•πŸ’•

Medan,
30 September 2019
11.19

2 thoughts on “Sepuluh Hari Kebaikan”

bagaimana menurutmu? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s