Event, Review

Menyicip Berbagai Rasa di Pucuk Coolinary Festival

Apa? Ada festival kuliner di Medan dari Teh Pucuk Harum? Waaa langsung seneng banget dong karena aku tuh dasarnya doyan banget jajan. Udah kebayang pasti bakal ada banyak pilihan makanan di sana. Begitu tahu tanggalnya, aku langsung ngajakin temen-temen buat dateng. Ya walaupun waktu itu aku lagi diet, tapi nggak apa-apa. Kapan lagi kan ada event sekeren ini?

Alhamdulillah, sebelum acara dimulai, aku berkesempatan juga hadir di acara Media Gathering Pucuk Coolinary Festival yang diadakan di Warung Kudeta pada Kamis, 29 Agustus 2019. Ada Bapak Kitto Kristanto selaku Junior Brand Manager Teh Pucuk Harum dan Leonarce selaku co-founder akun IG @makanmana selaku pembicara dalam Media Gathering kali ini. Wah seru, ternyata Medan bukan kota pertama lho yang menjadi destinasi event ini. Sebelumnya Pucuk Coolinary Festival sudah digelar di Yogyakarta pada akhir Maret 2019 lalu dan sukses menarik puluhan ribu pengunjung.

Medan dipilih menjadi destinasi wisata kuliner selanjutnya karena merupakan kota dengan penduduk yang beragam etnis, mulai dari Melayu, Batak, Jawa, Mandailing, Tionghoa, hingga India. Sehingga pastinya sangat kaya cita rasa. Karena itu, Teh Pucuk Harum sebagai produk RTD Tea No. 1 di kategori non-cup Jasmine berdasarkan riset AC Nielsen pada tahun 2018, kembali mempersembahkan festival kuliner terbesar yaitu ‘Pucuk Coolinary Festival Temukan Rasa Favoritmu’ untuk memperkenalkan berbagai kuliner favorit di Kota Medan. Pucuk Coolinary Festival Medan akan diselenggarakan selama dua hari, tepatnya pada 31 Agustus-1 September 2019 di Lapangan Parkir Plaza Medan Fair. Semua pengunjung bebas masuk secara FREE. Tak hanya itu, para tenant pun tidak dipungut biaya sama sekali, malah akan diberikan hadiah bagi tenant favorit, untuk pengembangan bisnis mereka.

Ada lebih dari 80 tenant dari berbagai rasa yang akan dibagi ke tiga zona, yaitu zona manis, zona pedas, dan zona gurih. Pembagian zona ini diharapkan dapat memudahkan pengunjung dalam mengunjungi kuliner favorit mereka. Sederet kuliner favorit Medan seperti Mie Aceh Titi Bobrok, Mie Sop Kampung Bambu CafΓ©, Ayam Penyet Wonosari, Bika Ambon Zulaikha, Medan Napoleon, Mie Ayam Jamur H. Mahmud, Bakso Arema Ndeso, Sang Pisang, dan masih banyak lagi dipastikan akan meramaikan Pucuk Coolinary Festival di kota Medan.

Wah, abis denger penjelasan itu, aku udah semakin tidak sabar dong menunggu Sabtu-Minggu untuk menikmati kuliner di sana. Hingga akhirnya hari itu pun tiba.

Sabtu, 31 Agustus 2019. Aku tiba di Halaman Parkir Belakang Plaza Medan Fair sekitar pukul 10.00 WIB. Tampak para tenant masih menyiapkan barang dagangannya. Tapi suasana sudah cukup ramai walaupun sedikit terik. Sekitar pukul 11.00 WIB, Pucuk Coolinary Festival pun resmi dibuka oleh Wakil Walikota Medan, Bapak Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk., Henry David Kalangie, dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Bapak Drs. Agus Suriyono.

Setelah resmi dibuka, para pengunjung tampak mulai berhamburan mencari jajanan kuliner favorit mereka. Apalagi ternyata ada HAPPY HOUR, di mana pengunjung bisa mendapatkan voucher belanja Rp 10.000,- cukup dengan membeli satu paket Teh Pucuk Harum senilai Rp 20.000,-. Ini murah banget lho. Teh pucuknya dapat satu tas. Aku sendiri memulai di zona favoritku, zona gurih. Aku dan temanku membeli mie ayam Mahmud, yang memang juga menjadi mie ayam favorit kami.

Oh ya, selain HAPPY HOUR, ada juga lho bagi-bagi GRATIS 10.000 porsi Mie Balap Mail hanya dengan menunjukkan dua botol Teh Pucuk Harum. Kan lumayan gaesss, yang belum makan siang, bisa sekalian tuh hehehe.

Semakin siang, pengunjung semakin ramai. Apalagi sempat ada Mak Beti yang ikut memeriahkan acara. Wah pecah banget deh. Aku pun kembali mengajak teman-teman untuk datang, dan mereka datang menjelang sore harinya.

Kami berkeliling lagi ke semua zona. Mencoba Kebab di zona gurih, buah berselimut cokelat di zona manis, dan bakso pedas di zona pedas. Oh ya, kami juga menukar struk belanja kami untuk mendapatkan kupon. Di kupon ini, kita bisa voting tenant favorit kita. Iya, ada pemilihan tenant favorit juga yang berhadiah jutaan rupiah untuk para tenant. Oh ya, kupon tadi juga akan diundi di akhir acara. Pengunjung yang beruntung akan mendapat Grand Prize berupa 1 Unit Yamaha NMax. Waaah bener-bener paten kali lah Teh Pucuk Harum ini.

Sore harinya, sekitar pukul 16.00 WIB, kami lanjut berjalan menuju panggung di dekat area Zona Pedas. Wah ternyata mau ada Spicy King Contest. Itu lho lomba makan mie pedas level 1, 2, dan 3. Walaupun sempat hujan deras, sama sekali tidak meruntuhkan niat para peserta untuk ikut kontes ini. Malah semakin seru. Dalam kontes ini, para peserta diminta untuk memakan mie dalam tiga level pedas berbeda selama maksimal 15 menit. Siapa yang cepat habis, dia lah pemenangnya. Spicy King Contest ini diadakan tiga kali lho. Dan finalnya akan diadakan esok harinya, Minggu 1 September 2019. Pemenang Spicy King Contest akan mendapatkan hadiah senilai 3 juta rupiah. Wowww..

Esok harinya, acara semakin ramai. Tenant favorit pun diumumkan. Ada 3 pemenang ’Tenant Kuliner Favorit’ dari 3 kategori, yaitu Zona Pedas, Gurih, dan Manis yang dipilih berdasarkan voting para pecinta kuliner. Hadiah uang tunai senilai 15,000,000 rupiah diberikan masing-masing kepada Basoka dari Zona Pedas, Dapur Vina dari Zona Gurih, dan Bakpau Muslim dari Zona Manis sebagai apresiasi dari Teh Pucuk Harum agar kedepannya bisa mengembangkan bisnis kuliner mereka. Ketiga kuliner tersebut berhasil menjadi tenant terfavorit karena memiliki totalitas rasa pedas, gurih, dan manis yang pastinya disukai.

Nah, seru sekali kan keseluruhan rangkaian acara Pucuk Coolinary Festival ini? Selain dimanjakan oleh makanan, diskon, juga banyak sekali hadiah baik untuk para pengunjung maupun tenant yang berjualan di sana. Aku sih puas banget. Semoga tahun depan Medan kembali terpilih untuk jadi destinasi event ini ya..

bagaimana menurutmu? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s