Cerita dan Celoteh, GAMUS

MENJADI MAHASISWA: APA NIATMU?

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Selamat datang Mahasiswa Baru Telkom Business School, Telkom University. Bagaimana rasanya? Menyenangkan kah? Atau masih rindu masa-masa SMA? J Apapun itu, berbahagia lah menyambut kehidupan penuh warna yang akan dijalani nanti.

“Akan ada suatu keadaan, kenangan, dan orang-orang tertentu yang pernah singgah dalam hati kita dan kita pun tidak akan pernah sama lagi seperti kita sebelumnya.” (5cm)

#artwork2 cocpy

Ya, seberapa indah pun masa putih abu-abu itu, ia hanyalah sepotong episode dalam hidup kita yang pasti berlalu. Kita pun tidak akan pernah sama lagi seperti kita sebelumnya. Kita sekarang mahasiswa, yang memiliki tahap lebih tinggi dari SMA. Sudah bukan saatnya lagi bersenang-senang tanpa tujuan, tapi sekarang lah waktunya mendekatkan mimpi, merangkai tanggung jawab, menjadi manusia yang benar-benar manusia. Di sinilah mungkin kita akan merasakan sensasi bahwa hanya Allah lah yang paling setia, tempat segala bergantung, ketika keluarga dan sahabat sedang sibuk menata hidupnya sendiri. Di sinilah kita belajar mengelola air mata, mengelola bahagia, menjadikan diri kita manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Menjadikan kata dewasa adalah langkah yang harus kita tempuh. Di sinilah kita akan merasakan betapa keluarga kedua itu benar-benar ada. Di sinilah kita akan merasakan sebuah perjuangan pahit berujung manis. Di sinilah kita akan belajar bertanggung jawab pada diri kita sendiri.

Tapi kuliah tetaplah hanya fasilitas, karena sejatinya tetap kita sendiri yang memilih akan menjadikan apa diri kita ini setelah status mahasiswa kita sandang. Lalu, apa niatmu ketika memutuskan untuk melanjutkan hidup sebagai mahasiswa?

Aa Gym dalam suatu ceramahnya pernah mengatakan bahwa lezatnya iman tergantung pada niatnya. Dalam Hadist Arbain No. 1 disebutkan bahwa

“…Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya, setiap orang akan dibalas berdasarkan apa yang dia niatkan. Barang siapa hijrahnya karena ingin mendapatkan keridhaan Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa hijrahnya karena dunia atau wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya akan dinilai sebagaimana yang dia niatkan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Sebelum lebih jauh membahas hadist di atas, mari kita bersama-sama mempertanyakan dulu ke diri kita masing-masing, untuk apa sih kita jadi mahasiswa?

Apakah karena disuruh orang tua?

Apakah karena ingin supaya nanti dapat pekerjaan yang keren?

Apakah mau cari jodoh?

Apakah ikut-ikutan temen?

Apakah karena ingin mencari ilmu?

Apakah untuk memiliki nilai bagus/ IPK tinggi?

Atau, nggak tahu juga sebenarnya kenapa, pokoknya biasanya begitu, abis SMA ya kuliah. (loh?)

 

Jangan sampai kita tidak tahu apa niat kita. Karena niat mengarahkan kita pada apa yang kita langkahkan, apa-apa yang akan kita capai. Sebagaimana hadist di atas, bahwa apa yang diniatkan itulah yang akan dinilai oleh Allah. Lalu, apa sebaiknya niat kita dalam menjadi mahasiswa? Masih berdasarkan hadist di atas, tentu sebaiknya niat kita memilih menjadi mahasiswa ini adalah untuk mencari ridha Allah dan Rasul-Nya. Bukan begitu? J

Salah satu cara untuk menggapai ridha Allah adalah dengan mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya, sebagaimana salah satu perintah yang tertuang dalam hadist berikut

“Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah)”. (HR. Ibnu Majah)

“Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syurga”. (HR. Muslim).

Jelas bukan? ILMU lah sebaiknya tujuan utama kita. Bukan untuk sekadar memperoleh nilai, apalagi pekerjaan, apalagi jodoh? Hehehe. Walaupun tidak memungkiri bahwa mungkin kita juga ingin bekerja dengan menggunakan ilmu itu. Tapi kalau niatnya mencari ilmu, percaya deh, insyaAllah mau jadi apapun nanti dipermudah. Jangan pernah menjadikan nilai atau IPK sebagai orientasi.

Ketika nilai menjadi sebuah orientasi, maka ketika nilai bagus sudah dalam genggaman, lepaslah ilmu yang kita dapat. Kita cenderung melupakan ilmu itu, karena tujuan kita, nilai bagus, sudah tercapai. Namun, jika orientasi kita adalah ilmu, maka nilai akan mengikuti dengan sendirinya, begitu pun urusan rezeki atau pun pekerjaan. Asal kita sungguh-sungguh, maka konsekuensi atas yang kita kerjakan itulah yang kita dapat. Masalah nilai dan rezeki sebenarnya adalah hak prerogatif Allah, bukan? Orang berilmu akan melihat dirinya lalu memperbaiki diri juga meningkatkan usahanya. Ia tidak akan kecewa, walau nilai atau pun rezeki belum berpihak padanya, karena ilmu sudah menjadi genggamannya untuk berpijak di masa yang lain. Percayalah, tak ada ilmu yang tak berguna.

Dalam hadist yang lain Rasul juga bersabda, “Khoirunnas Anfauhum Linnas. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya.” Maka jadi apapun kita, tetaplah berjuang menjadi manusia yang bermanfaat. Apalagi, keistimewaan menjadi mahasiswa itu kita genggam, mari kita tebarkan manfaat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Akan ada banyak sekali kesempatan untuk menjadikan diri ini bermanfaat. Maka ambillah kesempatan itu.

Jadi, apa niatmu?

Selalu ada waktu untuk meluruskan niat. Selamat berjuang, mengeluarga, dan bermanfaat, Mahasiswa!

Salam Semangat Penuh Sayang

Keluarga Kedua yang Siap Ada untukmu

Keluarga Muslim (Gamus) Telkom

Renungan :

“Tahukah kita bahwa 70% penyedia lapangan kerja di Indonesia itu adalah lulusan SD? Lalu tidak malukah kita menjadi mahasiswa jika hanya begini-begini saja? Mahasiswa itu bukan soal kuliah di mana, tapi sudah berapa buku yang dibaca.”—Ustadz Muhammad Jazir, ASP (Takmir Masjid teladan). Disampaikan dalam Seminar Nasional Islamic Youth Conference  Universitas Negeri Yogyakarta, 23 Juni 2013.

Article by: Novi Ahimsa Rosikha/ @azaleav

(Kemuslimahan Gamus)

Tulisan ditulis untuk mahasiswa baru Telkom Business School, Tel-U. Selamat datang 🙂

 picture by this

4 thoughts on “MENJADI MAHASISWA: APA NIATMU?”

bagaimana menurutmu? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s