GAMUS

Selamat Datang Muslimah Berprestasi!

Hari ini adalah hikmah yang kita petik di masa depan 🙂

Dua tahun yang memberikan banyak pelajaran, mengajak untuk berpikir, berproses, meskipun aku tahu sampai kini ujung itu belum juga sampai. Hari ini, Allah mengizinkanku untuk mengingat lagi tentang dua tahun lalu. Tentang seorang mahasiswa baru yang sakit-sakitan mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru. Ah, bukan fisiknya yang sakit, tapi psikisnya, yang kemudian berpengaruh pada fisiknya. Sampai kini, perempuan itu tidak suka jika diajak mengingat atau membicarakan sesuatu tentang orientasi mahasiswa baru. Sakit. Tapi, terkadang relita mewajibkan kita untuk menghadiri sesuatu yang menyakitkan itu. Dan aku tahu, menghindari adalah pilihan yang sama sekali tidak bijak. Sedangkan menghadiri bisa jadi membuat kita tersenyum.

Benar. Sungguh di luar dugaan, ternyata hari ini menjadi hari yang membuatku tersenyum lama. Hari di mana aku bisa berbagi dengan mereka. Hari di mana aku tahu, bahwa aku (dulu) tak sendiri. Hari di mana aku mendengar ucapan “terima kasih” yang begitu tulus. Para mahasiswa baru ini, kuakui semangatnya luar biasa. Baiklah, ini cerita hari ini, yang membuatku tersenyum lama 🙂 .

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemuslimahan GAMUS mendapat kewajiban untuk mengisi keputrian di acara OKMB, ketika para peserta laki-laki mengikuti kegiatan solat Jumat. Keputrian spesial kami menyebutnya, karena pesertanya adalah semua muslimah yang baru menjadi warga kampus ini. Amanah dari Ibu sekretaris umum, tema keputrian kali ini adalah “Selamat Datang Muslimah Berprestasi.” Maka, bermodal bismillah dan 7 slide file presentasi serta sebuah video tentang GAMUS karya para ikhwan, aku memasuki Aula Kampus, ditemani Rida, Bendahara GAMUS.

Aku tahu, adik-adik miba ini lelah. Aku bahkan tahu persis lelahnya (ciyee Himsa 😀 ). Maka, waktu yang tidak banyak ini, lebih banyak kami gunakan untuk sharing. Kami membahas tentang muslimah berprestasi, kisah sukses Asma Nadia yang tidak bisa kuliah, tapi nyatanya malah menjadi pembicara di acara wisuda kampus impiannya. Sungguh, terima kasih untuk antusiasmenya. Terima kasih untuk definisi sukses versi muslimah IMT 2012 yang keren.

Memasuki sesi sharing, sejujurnya aku menunggu sebuah pertanyaan, yang aku tahu di antara kalian pasti ada yang merasakannya, muncul juga pertanyaan itu. Pertanyaan yang sama dengan yang kutanyakan dua tahun lalu. Hanya saja, mereka jauh lebih bisa menerima daripada aku dua tahun yang lalu. Pertanyaan yang ingin kujawab, karena aku tidak mau ada Himsa-Himsa berikutnya yang terlalu lama terpuruk.

“Teh, kita udah ikhlas sebenarnya. Tapi, rasanya kok masih sedih ya kalau ingat bahwa keinginan kita yang sebenarnya itu bukan di sini?”

Maka, aku hanya tersenyum, sembari menunjuk diri sendiri, karena aku adalah representasi paling nyata dari pertanyaan itu. “Saya juga dulu seperti itu. Sekarang, saya bahkan udah nggak bisa menghitung, berapa nikmat yang saya dapatkan selama saya ada di sini.” Kububuhkan pula kalimat dari Tere-Liye, bahwa bahagia sejatinya adalah pilihan. Ya, tidak semua orang memperoleh pilihan pertama dalam hidupnya, tapi kita bisa sama bahagianya dengan mereka yang mendapat pilihan pertama, meskipun kita hanya memperoleh pilihan ke-101. Dan aku, baru menyadarinya setahun  kemudian, lalu selanjutnya merangkak berproses sampai sekarang. Setahun sebelumnya hanya ku’nikmati’ dengan mengeluh.

Ada juga yang bertanya, “Bagaimana caranya supaya bisa percaya diri, Teh? Kalau di sini itu memang tempat terbaik, soalnya saya tidak diterima di universitas yang saya inginkan.”

Dan kali ini, saya mengulang nasihat seorang sahabat saya dua tahun yang lalu, “Ikut organisasi, kembangkan diri, dan temukan keluarga di sana.” Oke, untuk kali ini, aku harus bilang, bahwa GAMUS adalah salah satu keluarga yang membuat saya banyak tersenyum selama ada di sini. Ah, terima kasih juga lho Jurnalistik Embun, kalian juga membuat saya banyak belajar 🙂

Para mahasiswa baru ini tersenyum. Dalam hati saya, senyum itu terlengkung lebih lama, sembari terus berbisik lirih, “kalian jangan jadi Himsa-Himsa berikutnya yang terlalu lama terpuruk.”

Adik-adikku yang hari ini kulihat penuh binar harapan. Yang begitu semangatnya ingin memiliki pin bertuliskan, “Jangan Jadi Muslimah Kalau Nggak Sukses”. Yang begitu semangatnya mengikuti rangkaian acara OKMB. Dalam sharing yang tak lama itu, semoga ada hikmah yang bisa dipetik. Semoga silaturahmi itu tidak berhenti hari ini saja. Semoga masih banyak kesempatan untuk bercerita lebih banyak lagi.

Mungkin ada satu waktu kita terpuruk lagi. Itu wajar karena kita manusia. Tapi cara tersenyum lagi pun banyak. Like I’ve said before, tetaplah berprestasi. Suatu saat kita akan tahu, bahwa prestasi dan kesuksesan adalah bonus dari kesungguhan. Ada yang lebih memuaskan dari itu. Kebermanfaatan untuk orang lain.

Maka untuk senyum dan semangat serta binar harapan kalian, kuucapkan Selamat Datang Muslimah Berprestasi. Semoga kalian bisa meraih apa yang kalian harapkan. Menjadi muslimah yang sukses. 🙂 Sukses yang bagaimana? Kalian sudah pandai memaknainya 🙂

Tulisan ini ditulis untuk adik-adik Mahasiswa IMT 2012, juga sebagai reminder untuk diri saya sendiri, tentang semuanya. Saya masih berproses dan selalu menunggu nasihat 🙂

-salam

Ahimsa, Kemuslimahan Gamus IM Telkom

Pojok Biru 2,

Jumat, 31 Agustus 2012

20.48 WLH

*Terima kasih, untuk seorang sahabat sekaligus kakak yang mungkin sekarang sibuk sekali di tempatmu berada dan tidak sempat membaca postingan ini, semoga kamu bahagia, nasihatmu saya repost di depan adik-adik. hehe.. Juga untuk Kak Puput, atas nasihat-nasihat dan pengertiannya. 🙂

4 thoughts on “Selamat Datang Muslimah Berprestasi!”

bagaimana menurutmu? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s