Uncategorized

Ayat-Ayat Langit

Biru langit itu laksana simbol kesejatian biru. Refleksi keindahan yang nyata. Kadang mendung, kadang hitam, kadang cerah, kadang bergradasi, kadang berawan, dan semua fase itu teramat indah. Terlalu romantis terkadang untuk dijadikan metafora bagi para penyair, pujangga, juga penulis novel. Langit bisa jadi simbol apa saja. Tapi tetap, menginspirasi.

Aku selalu mengagumi langit.

Jangan berpikir tulisan ini akan berisi novel atau kisah fiksi karena judulnya mirip dengan novel fenomenal itu. Lebih dari itu, ini tentang surat cinta Tuhan, tentang penciptaan simbol biru yang-jika boleh berlebihan-adalah atap seluruh penduduk bumi. Juga tempat diturunkannya berbagai wahyu, termasuk hujan yang kamu dan kamu sangat sukai itu, yang menyebabkan bau tanah menjadi khas setelah diturunkannya, yang menjadikan tanaman dan tumbuh-tumbuhan menjadi subur.

Dengan segala takzim atas kalimat-kalimat indah yang saya kutip di bawah ini, saya ucapkan selamat berdecak kagum juga atas kuasa-Nya, sang Raja Langit.

 Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya)(QS. 15, Al Hijr: 16)

Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa.” Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati.”

Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui(QS. 41, Fushilat: 10-12)

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. 57, Al Hadiid: 4)

Kami tiada menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. (QS. 46, Al Ahqaf: 3)

Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak. (QS. 55, Ar-Rahman: 37)

Demi langit yang mempunyai jalan-jalana  (QS. 51, Adz-Dzariat: 7)

ayang dimaksud dengan jalan adalah orbit bintang-bintang dan planet-planet

Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezkimudan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu. (QS. 51, Adz-Dzariat: 22)

Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa (QS. 51, Adz-Dzariat: 47)

Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam. (QS. 50, Qaaf: 9)

Dan Allah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar dan agar dibalasi tiap-tiap diri terhadap apa yang dikerjakannya, dan mereka tidak akan dirugikan. (QS. 45, Al Jatsiyah: 22)

dan dibukalah langit maka terdapatlah beberapa pintu,(QS. 78, Annaba’: 19)

dan masih begitu banyak lagi surat cinta-Nya yang mengisahkan tentang langit. Langit, ternyata memang di sanalah rezeki dan janji-Nya tersimpan. Tentu saja, langit dicipta dengan tujuan yang benar. Subhanallah. Pantas saja langit itu selalu tampak menakjubkan.

Semoga bisa menjadi pelengkap oase Ramahan, dan memotivasi untuk mentadabburi ayat-ayat lainnya yang penuh cinta.

Rumah,

27 Juli 2012

20.58 WLH

2 thoughts on “Ayat-Ayat Langit”

  1. wahhhh aku pengen nge-like tapi harus punya wordpress dulu…. ya udah lah aku “like” aja di comment yak 😀
    eh ya himsa aku ganti alamat blogku jadi “aworthgiveever.blogspot.com” 😀

    moga bisa sharing manfaat 🙂

bagaimana menurutmu? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s