Cerita dan Celoteh

Asal DIA yang Mengganti

ImageMusim-musim berganti. Dedaunan kering, lalu berguguran. Daun-daun lalu terganti oleh daun-daun baru dengan hijau yang lebih segar. Hujan menyelingi, tapi rinai angin mungkin masih bernyanyi dengan sama saja, atau dengan melodi yang mengeras? Kadang iya. Seperti perjalanan ini. Tak jarang terasa damai, tak jarang pula terasa begitu memukul. Tetapi semua harus menerima, semua harus mengerti, bahwa musim pasti berganti.

Aku sedang bertanya pada hujan yang sekarang datang bukan pada musimnya. Aku sedang bertanya pada matahari yang terkadang direbut begitu saja oleh mendung.Β 

Aku sedang bertanya pada bulan yang entah mengapa mau berbagi untuk nampak di bumi, terkadang penuh, separuh, bahkan sabit. Aku sedang bertanya pada bintang yang masih mau bersinar walau kadang bertarung dengan lampu-lampu kota. Aku sedang bertanya pada oksigen yang tempatnya kini direbut oleh gas karbon. Aku sedang bertanya, tapi mereka diam, terus saja begitu. Apakah mereka rela?

Posisi-posisi mereka yang agung sering terganti. Tetapi mereka hanya diam. Aku tak mau diam. Aku bukan hujan, matahari, bulan, bintang, juga oksigen. Aku hanya seonggok hati yang sudah nyaman dengan apa yang ada di dalamnya sekarang. Aku tak ingin apa yang mengisinya ini terganti dengan yang lain, sampai nanti waktu yang membalas siapakah yang akan terus bersemayam di hati ini sampai saat indah itu tiba.

Tetapi kenyataan membuatku bertanya lagi. Masalahnya, bukan hanya aku yang merasa tak ingin mengganti hal itu, bukan hanya aku yang ingin tetap menjaga sesuatu yang sudah terlanjur mengakar itu, bukan hanya aku yang akan menangis kehilangan sesuatu yang sudah menempel di hati itu. Bukan hanya aku. Masih ada mereka yang belum bisa memberikan keikhlasan untuk hati yang telah pergi dari mereka. Bagaimana jika ternyata nanti aku juga menjadi mereka?

Semoga Dia memberikan kemudahan untuk hatiku, karena aku insyaAllah rela terganti asal DIA yang mengganti. J

bagaimana menurutmu? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s