Cerita dan Celoteh

7 Tips Melawan Galau

Ada yang lagi galau? Sini-sini merapat, saya juga. Lho? Hahaha. Nggak kok. Saya justru mau ngasih tips buat teman-teman yang masih galau. Alhamdulillah masa galau sudah lewat. Meski pun nggak tahu ya kalau nanti masa galau itu datang lagi. Hihihiii..

Ayo siapkan alat tulismu, eh nggak usah ding, cukup siapkan hatimu. πŸ™‚

1. Kenali dulu kamu galau kenapa. Kalau kamu nggak tahu penyebab yang membuatmu galau, masa galau akan bertambah panjang. Jangan bilang nggak tahu, hati kecilmu pasti tahu kenapa. Langkah pertama dan paling menenteramkan adalah curhat sama Allah. Curhat semuanya. Nangis guling-guling kalau perlu (*ups, ini berlebihan). Dan jangan malu untuk menangis jika memang itu membuatmu lega. Tapi kalau nggak bisa menangis dan sesak terus gimana dong? Tetap curhat sama Allah. Percayalah, Dia yang akan menenangkan.

2. Wudlu, solat, baca Al-Qur’an. Baca Al-Qur’an dengan bersuara menurut saya lebih efektif untuk membuat hati lebih tenang. Kalau perlu malah membaca artinya dan resapi maknanya.

3. Wah tips nomor dua berat ya rasanya? Baru baca beberapa ayat malah tambah galau gimana dong? Atau pas baca tenang, tapi begitu ditutup galau lagi. Kalau begitu, setelah membaca Al-Qur’an cari buku atau novel yang menarik sehingga bisa mengalihkan konsentrasi kita dari hal yang membuat galau pada hal lain.

4. Bukunya selesai galau lagi? Cari sapu, nyapu rumah. Nyapu halaman. Kalau masih galau, nyari cucian, dicuci sampai bersih, jemur. Sambil nunggu baju kering ngepel rumah dulu. Cuci piring. Masak juga kalau perlu. Nanti kalau bajunya kering, disetrika sekalian. Ditata juga baju di almari. Masih galau? Aduh keterlaluan. Hehehe. Kalau masih galau berarti kita memang bebal, saya juga kadang gitu. Apalagi untuk perempuan. Kasus galau ini bisa jadi sangat menyebalkan jika bebarengan dengan masa PMS, hormon jadi mendukung untuk galau. Jangan sedih kawan, ayo LAWAN! Hihihii. Yang jelas, intinya adalah MENYIBUKKAN DIRI. Alihkan fokus galau terhadap kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

5. Jika kamu galau karena seseorang, sebaiknya hindari dulu berkomunikasi dengannya sampai hatimu tenang. Jangan coba-coba dulu sms, telepon, apalagi ketemu. Oh iya, mematikan handphone saat hati sedang galau untuk sebagian orang termasuk saya juga efektif untuk menenangkan hati.

6. Hindari jejaring sosial, apalagi facebook sama twitter. 90% bisa nambah galau. Kecuali buka facebook buat baca notes tentang semangat, pengetahuan, dan lain-lain. Termasuk baca notes ini. :p

7. Kembalikan pada hatimu. Pelajari baik-baik. Galau adalah masalah hati teman. Jadi, kembalikanlah pada hatimu. Memilih tetap galau atau bangkit mencari dan menjadi manfaat.

InsyaAllah 7 Tips di atas sudah saya terapkan. Tips-tips di atas bukan bersifat permanen loh, besok bisa galau lagi. Pada dasarnya manusia memang galauers bukan? Karena manusia hidup dengan masalah. Kalau nggak ada masalah, nggak hidup namanya. Kalau kata bang Tere (penulis favorit saya), waktu akan menjadi obat paling mujarab untuk semua hal. Termasuk tentang galau. Jadi, menurut saya galau itu manusiawi teman. Sekarang, kalau galau, bisa diterapkan tips di atas. Kalau galau lagi, ya diterapkan lagi. Hehe. Kalau ada yang mau menambahkan, boleh komen. Saran dan kritik juga sangat ditunggu.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

πŸ˜‰

salam galau.

Jangan lupa, banyak mengingat Allah. Bukankah dengan mengingat Rabbmu, hatimu akan tenang?

Rumah, 28 Agustus 2011

20.55 WIB

*catatan ini sekadar reminder kalau saya galau lagi, sekali lagi, semoga bermanfaat.

πŸ™‚

9 thoughts on “7 Tips Melawan Galau”

  1. Berdasarkan pengalaman pribadi, dan sgt manjur, bs dicoba dan dibuktikan!!! Ketika galau, sedih, sedang kesusahan kdg klo cerita dg org lain malah tdk dpt solusi dan tenang,,jwban yg pasti adalah,,,,ambil wudlu, sholat dg khusyuk,curhat sm yg bikin kehidupan…curhat smua yg bikin qt galau,,klo emg nangis, tangisin..stlh itu baca asmaul husna ,,,lakukan seterusnyaa,,,kmrn galau yg sy alami diangkat sm Allah diganti kebahagiaan,,selamat mencoba! Allah selalu bersama qt..

bagaimana menurutmu? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s