Cerita dan Celoteh

Beneran Nggak Ada Kerjaan??

Stag. Lagi. Saya bosan. Dari kemarin, kemarinnya, sampai hari ini tidak ada sesuatu yang saya hasilkan. Baca novel, udah nggak ada novel. Pengin internetan, sedang tidak ada koneksi internet. Main game rebutan sama adek (dan saya juga sudah bosan). Masih ada yang saya lakukan. Iya, nulis. Corat-coret di atas benda putih berbalut biru ini kadang memang sangat mengasyikkan. Tapi kebuntuan otak saya benar-benar sedang taraf akut, kamu tahu apa yang terjadi? Saya justru ketiduran. Parah. Setelah terbangun, ternyata hanya beberapa kalimat tidak karuan yang ada. Selanjutnya? Saya malas melanjutkannya, teronggok lagi dalam folder-folder corat-coret yang entah kapan akan aku selesaikan. Huft..

Kalian tahu seperti apa dan bagaimana rasanya kondisi stag seperti itu? HAMPA. Iya, benar-benar KOSONG.

Sekali lagi aku memaksa menulis, mandeg lagi. Semuanya tanpa arah. Jari, otak, dan hatiku sudah taklagi sinkron rasanya. Aku ingin bergerak, menggerakkan otak, menggerakkan tubuh, bergerak, melawan malas, menghapus kehampaan ini. Tapiiiiii… Rasanya beraaaaaaatttt sekali. Kamu tahu rasanya, hal itu sangat mengganjal.

Setelah itu, saya melamun, memikirkan kenapa saya jadi pemalas lagi. Hah, mau jadi apa saya??? Tetapi berpikir saja semakin membuatku bertanya-tanya, MAU JADI APA AKU KALAU TERUS BEGINI???

Hei, saat seperti itulah, aku menyalahkan keadaan, menyalahkan liburan, menyalahkan lingkungan yang membiarkanku diam, menyalahkan tubuhku yang selalu susah diajak bergerak, dan menyalahkan macam-macam. Ah, memang aku si Dodol. Huffffttt.. Sebenarnya tersangka atas semua ini adalah aku sendiri, bukan liburan apalagi lingkungan. Aku yang terlalu menuruti kehendak pribadi, tidak mau lebih berani lagi membuat sesuatu yang bermanfaat atau setidaknya memperoleh sesuatu yang bermanfaat.

Aku masih diam. Bosan merenung. Aku bangkit, melakukan apapun yang bisa aku lakukan, termasuk berteriak.

“Huaaaa, bosen nggak ada kerjaan.” Saat itulah tiba-tiba saja mulutku nyerocos begitu saja tanpa aku sadari, “Nggak ada kerjaan atau memang tidak mau melakukan pekerjaan?”. Ibu yang sedang mengaji tiba-tiba berhenti dan menertawakanku. “Lha wong di depanmu ya ada kerjaan itu lhu.” Aku kini terkekeh, bagaimana bisa aku bilang tidak ada kerjaan sementara di depanku terhampar ‘lautan’ cucian yang belum terlipat, masih ada hangernya, masih fresh dari jemuran. Aku tertawa lalu merapikan baju-baju itu. Hampa itu sedikit berkurang. Setelah itu saya mandi, solat, membaca Al-Qur’an, mengajari adekku mengaji, mengajaknya belajar dan mendengarkan ceritaku, kemudian memasak. Hei, lihat, sebenarnya banyak kan yang bisa saya lakukan? 🙂

Jadi, saat kita bilang bosan atau bingung karena nggak ada kerjaan dan lain-lain itu sebenarnya basi (sebasi diriku, jangan ikutan). Kalau kita mau sedikit saja melirikkan mata dan menarik tubuh untuk bergerak, sebenarnya banyak kok yang bisa kita lakukan, takpeduli hal sekecil apapun. Setelah nulis ini, saya mau nulis gede-gede di kamar, di mana-mana, terutama di otak dan hati saya. “MOVE!!!!!” 🙂

Habis nulis ini saya sedikit plong. Atau plong sekali mungkin, setelah dua hari otak saya tumpul dan lari dari dunia pena, akhirnya hari ini tergores juga, walaupun isinya tetap takkaruan dan gak jelas. :D. Semoga cerita saya di atas bisa jadi pelajaran buat yang lain supaya tidak ikut-ikutan seperti saya. Targetkan setiap hari kita harus melakukan sesuatu yang bermanfaat atau minimal memperoleh sesuatu yang bermanfaat. Hfffff… 🙂

 

Sudut masa lalu,

Selasa, 8 Februari 2011

11.59

 

*akhir-akhir ini jarang tulisan saya yang berlabel pojok biru, karena saya sedang dalam upaya menjauh dari kamar. :p, kalo emang beneran nggak ada kerjaan mampir yuk ke Pena Ahimsa 🙂

kritik dan saran amat dirindukan 🙂

bagaimana menurutmu? :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s